Laporan Kelas 6D Bulan September 2024

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Semoga Ibu/Bapak dan keluarga senantiasa dalam keadaan sehat dan bahagia. Seiring berjalannya waktu, tugas dan tanggung jawab seorang wali kelas tidak hanya terbatas pada penyampaian materi pembelajaran di kelas, tetapi juga mencakup peran penting dalam membimbing dan memonitor perkembangan peserta didik. Melalui laporan ini, kami berusaha merefleksikan perjalanan kelas 6D selama bulan September 2024.

Sebelumnya, untuk laporan kelas bulan Juli dan Agustus 2024, Ibu/Bapak dapat melihat melalui tautan berikut ini: Laporan Kelas Bulan Juli dan Laporan Kelas Bulan Agustus.

Setiap anak memiliki potensi uniknya, tantangan pribadinya, dan cerita perkembangannya masing-masing. Oleh karena itu, laporan ini diharapkan dapat menjadi jendela yang membuka wawasan tentang progress dan tantangan yang dihadapi oleh setiap anggota kelas 6D. Selain itu, laporan ini juga mencakup penanganan permasalahan dan upaya-upaya perbaikan yang telah dilakukan dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran dan kesejahteraan siswa.

Dalam spirit kolaborasi antara orang tua, guru dan siswa, semoga laporan ini dapat menjadi landasan untuk perencanaan ke depannya. Dengan membangun sinergi yang kuat, kita bersama-sama dapat mencetak generasi yang tidak hanya cerdas secara akademis tetapi juga memiliki karakter yang kuat, tangguh dalam menghadapi tantangan hidup.

Keadaan Kelas

Pada bulan September, jumlah siswa kelas 6D berjumlah 29 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Dari keseluruhan siswa tersebut, sejumlah 4 siswa merupakan siswa yang berdomisili di pondok (anak pondok).

Alhamdulillah semua siswa yang terpilih dalam struktur organisasi maupun jadwal piket dapat menjalankan tugasnya masing-masing dengan baik, meskipun ada siswa yang masih belum disiplin menjalankan jadwal piket kelas. Misal, ketua atau pengurus kelas yang lain meminta tugas ke guru apabila kelas sedang tidak ada guru, mengisi daftar hadir (absen kelas), dan menulis jurnal.

Selama bulan September, tempat duduk siswa telah berganti sebanyak dua kali. Hal ini bertujuan demi terciptanya rasa kekeluargaan antar siswa dan tidak terjadi sikap individual antar teman (cenderung pilah-pilih teman).

Pada pertengahan bulan, atas inisiatif dari beberapa pengurus kelas meminta pendapat kepada kami untuk gagasan/ide sistem denda bagi para siswa yang melanggar tata tertib di kelas. Kemudian kami sebagai wali kelas meminta kepada semua pengurus kelas untuk bermusyawarah bersama untuk membahas hal tersebut. Hasil musyawarah tersebut kemudian diserahkan kepada kami dan setelah kami evaluasi dan kami bahas bersama dengan semua siswa di kelas, maka mulai hari Rabu, 25 September 2024 kami dan semua siswa bersepakat bahwa ada sistem denda untuk beberapa pelanggaran tata tertib yang tergolong berat, yaitu: 1) Bullying (membuli), 2) Pornoaksi, 3) Bolos sekolah (ngeblong jam pelajaran), dan 4) Berkelahi.

Absensi Kelas

Berikut ini absensi siswa selama bulan September:

No.NamaSakitIzinAlpa
1AISYAH ACHSANA NADYYA
2ALVINO ABID PRATAMA
3ALYA NUR ZAHIRA1
4AQILA NUR RHOIKHANA ZULFA2
5ASSYFA MALAYKA ARI MAYLANI1
6DINDA MEGA NURSANTI
7FAHMIDA IZZATUN AMELIA1
8FAIRUZA BAZHIRA ZABARJAD
9HILWA NURUL ANINDITA
10IBNU AZAM ASYRAFIN3
11KENNISA KAFA PUTRI PINATIH2
12MAKAYLA SAFFANA NAUREEN
13MOHAMAD ALFIYAN HIDAYAT
14MUHAMAD KHOIRUL AZZAM AL JUNA'ID1
15MUHAMMAD FAIRUZ FEYRAEHAN1
16MUHAMMAD IMAM SAFI`I5
17MUHAMMAD SYAAHIN AINUN NAJIB1
18NABRIS ALAWI2
19NAILA MUAZARA ULFA
20NAIRA AZZAHRA PUTRI
21NAUFAL UBAY AMRULLAH1
22NAYA SYAURA ABIDA
23NI'AM ZUHRI
24NUNAN SEMBILANG1
25SAKTIDITIYA PUTRA WIGUNA
26SYIFA ANNISA AFDHILA
27VANO JAGAD DIRGANTARA1
28ZASKIA ZULVAN SHYFANA1
29KOESWOYO KAMAL SYARIFUDIN1

Proses Pembelajaran

Secara umum, partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran tergolong baik. Mereka aktif dalam mengikuti pembelajaran, menciptakan lingkungan kelas yang dinamis dan kolaboratif. Namun, beberapa siswa perlu didorong untuk lebih aktif berpartisipasi dalam pembelajaran.

Alhamdulillah pada tanggal 7 September 2024 salah satu siswa kelas 6D yang mengikuti Olimpiade Bahasa Arab tingkat Kabupaten berhasil meraih Juara Harapan 1 yaitu ananda Ni’am Zuhri.

Pada tanggal 9 s.d 14 September 2024 semua siswa mengikuti Ulangan Harian Bersama (UHB) dengan baik. Berikut leger nilai murni hasil UHB:

Perkembangan Karakter

Sebagian besar siswa menunjukkan sikap yang baik, seperti disiplin, tanggung jawab, dan kerjasama. Misal: disiplin melaksanakan piket kelas, membuang sampah di tempat sampah.

Namun, ada beberapa siswa masih perlu bimbingan terutama dalam hal mengendalikan emosi. Kami telah melakukan pendekatan secara personal dan kelompok untuk membantu siswa tersebut.

Setoran Hafalan

Berikut perkembangan setoran hafalan pada bulan September:

No.NamaHafalanCapaianKeterangan
1AISYAH ACHSANA NADYYAAl MulkAyat 17
2ALVINO ABID PRATAMAAn Nazi'atAyat 25
3ALYA NUR ZAHIRAAl InfitharAyat 11
4AQILA NUR RHOIKHANA ZULFAJuz 1Ayat 88Halaman 12
5ASSYFA MALAYKA ARI MAYLANIJuz 1Ayat 19
6DINDA MEGA NURSANTIAn Nazi'atAyat 23
7FAHMIDA IZZATUN AMELIAAn Nazi'atAyat 24
8FAIRUZA BAZHIRA ZABARJADJuz 1Ayat 83Halaman 11
9HILWA NURUL ANINDITAYasinAyat 33
10IBNU AZAM ASYRAFINAl BurujSelesai
11KENNISA KAFA PUTRI PINATIHYasinAyat 40
12MAKAYLA SAFFANA NAUREENAn NabaSelesaiMelancarkan Juz 30
13MOHAMAD ALFIYAN HIDAYATAl LailSelesai
14MUHAMAD KHOIRUL AZZAM AL JUNA'IDAn Nazi'atAyat 15
15MUHAMMAD FAIRUZ FEYRAEHANAn Nazi'atAyat 30
16MUHAMMAD IMAM SAFI'IAz ZalzalahMelancarkan sampai Ad Dhuha
17MUHAMMAD SYAAHIN AINUN NAJIBYasinAyat 32
18NABRIS ALAWIJuz 4Ayat 180Halaman 12
19NAILA MUAZARA ULFAAl A'laSelesai
20NAIRA AZZAHRA PUTRIAt TakwirAyat 21
21NAUFAL UBAY AMRULLAHAl BurujAyat 15
22NAYA SYAURA ABIDAJuz 29Al Qiyamah
23NI'AM ZUHRIAl KahfiAyat 92
24NUNAN SEMBILANGAbasaAyat 38
25SAKTIDITIYA PUTRA WIGUNAAt TakwirAyat 14
26SYIFA ANNISA AFDHILAAl InfitharSelesai
27VANO JAGAD DIRGANTARAAn NabaSelesaiMelancarkan Juz 30
28ZASKIA ZULVAN SHYFANAAbasaAyat 36
29KOESWOYO KAMAL SYARIFUDINAt Tin

Kas Kelas

Berikut pengeluaran seksi Bendahara kelas selama bulan September:

No.TanggalUraianJumlah
107 September 2024Beli Air GalonRp20.000,-
230 September 2024Beli 2 SpidolRp20.000,-

Sisa uang kas kelas pada bulan September sebesar Rp350.000,-.

Masalah-masalah Siswa

Berikut beberapa kendala-kendala beberapa siswa selama bulan September:

No.NamaMasalahPenanganan dan tindak lanjut
1Mohamad Alfiyan HidayatMasih kurang dalam hal mengikuti pembelajaran dan hafalan. Pemahaman terhadap pelajaran cukup baik, namun jarang menulis.Dinasehati dan diberi pengertian, serta perlu perhatian dan bimbingan di rumah
2Muhammad Imam Safi'iHafalan sudah baik meskipun belum sampai target, namun masih kurang dalam hal mengikuti pembelajaran. Masih kesulitan membaca dengan lancar maupun menulis.Dinasehati dan diberi pengertian, serta perlu perhatian dan bimbingan di rumah
3Koeswoyo Kamal SyarifudinMasih kesulitan dalam hafalan, karena siswa pindahan.Prioritas selalu maju ketika jam hafalan

Demikian laporan kelas 6D selama bulan September 2024. Terima kasih atas perhatian dan kerjasama Ibu/Bapak. Mari kita bersama-sama mendampingi anak-anak kita untuk meraih prestasi terbaik.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top